Berita

PENYU SENJA (PENYULUHAN SENIN JUMAT)

KEGIATAN PROMOSI KESEHATAN DALAM GEDUNG ( PENYU SENJA) UPTD PUSKESMAS PANINCONG

Puskesmas merupakan sarana kesehatan yang sangat penting dalam meningkatkan derajat kesehatan  masyarakat, untuk itu peranan puskesmas hendaknya tidak lagi menjadi sarana pelayanan pengobatan dan rehabilitatif  saja tetapi lebih meningkatkan pada upaya promotif dan upaya preventif. Oleh karena itu Promosi Kesehatan menjadi salah satu pelayanan wajib di Puskesmas.

Kegiatan promosi kesehatan dalam gedung puskesmas adalah salah satu kegiatan yang dilaksanakan  oleh UPTD Puskesmas Panincong yang dikenal dengan kegiatan “Penyu Senja”, kegiatan penyuluhan dilaksanakan pada setiap hari Senin dan hari Jumat bertempat di ruang tunggu pasien, di mana hari tersebut merupakan hari pasar di Desa Panincong sehingga pasien yang datang berkunjung lebih banyak dibandingkan dengan hari lainnya.

Kegiatan Penyuluhan Senin Jumat (Penyu Senja) ini melibatkan setiap penanggung jawab pelayanan yang diselenggarakan puskesmas secara bergilir dengan jadwal yang telah ditentukan.

Kegiatan penyuluhan dalam gedung puskesmas bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan (pasien dan keluarga) di bidang kesehatan, mengubah sikap dan perilaku untuk mencapai tujuan hidup sehat serta merupakan sarana bersosialisasi pasien dan keluarga.

Related Articles

Back to top button