Unit Gawat Darurat

 

Unit Gawat Darurat /Persalinan

Pelayanan Unit Gawat Darurat (UGD) dan Persalinan adalah salah satu ujung tombak pelayanan kesehatan. UPTD Puskesmas Panincong memiliki layanan UGD/Persalinan 24 jam dengan perawat dan bidan yang siap melayani setiap kasus darurat dan persalinan.

Tujuan dari pelayanan gawat darurat ini adalah untuk memberikan pertolongan pertama bagi pasien yang datang dan menghindari berbagai resiko, seperti: kematian , menanggulangi korban kecelakaan, atau bencana lainnya yang langsung membutuhkan tindakan.

Jenis Pelayanan

Pelayanan pada Unit Gawat Darurat untuk pasien yang datang akan langsung dilakukan tindakan sesuai dengan kebutuhan dan prioritasnya. Bagi pasien yang tergolong emergency (akut) akan langsung dilakukan tindakan menyelamatkan jiwa pasien (life saving). Bagi pasien yang tergolong tidak akut dan gawat akan dilakukan pengobatan sesuai dengan kebutuhan dan kasus masalahnya yang setelah itu akan dipulangkan kerumah atau dilakukan perawatan lebih lanjut ( rawat inap ).

UGD/persalinan 24 jam melayani kasus-kasus khususnya gawat darurat dan persalinan serta  memberikan pelayanan mulai dari :

  1. pemeriksaan,
  2. diagnose,
  3. terapy,
  4. konseling,
  5. rujukan dan
  6. pelayanan ambulance 24 jam

Tata Laksana Pelayanan :

Pasien yang datang dengan keadaan gawat darurat/persalinan,di luar jam kerja, cukup memperlihatkan kartu berobat (pasien lama) atau kartu identitas/kartu jaminan kesehatan (pasien baru).

Back to top button